Bisnis Makanan - Usaha yang Tak Akan Padam di Telan Zaman

Langkah jitu Membuka Usaha Kuliner Ala Gerobak

Himpitan kehidupan akibat PHK, pensiun, atau kehilangan pekerjaan, membuat orang mencari-cari bisnis dengan modal yang tidak terlalu besar, risiko kecil tetapi bisa memberikan keuntungan yang besar.

Sebenarnya, jika ada kemauan yang kuat, apa pun yang ada di sekitar Anda pasti dapat dijadikan sebuah peluang bisnis.

Salah satunya adalah bisnis makanan ala gerobak.

Bisnis ini merupakan salah satu lahan usaha yang banyak dilirik orang, meskipun banyak pesaingnya, akan tetapi pecinta kuliner akan tetap selalu ada, dan semakin beraneka ragam.

Bisnis makanan memang sebuah lahan bisnis yang bisa dijadikan sebagai penghasilan sampingan maupun pokok. Bisa dilakukan di samping rumah atau dilakukan dengan gerobak dorong.

Bisa juga mangkal di tempat yang strategis dengan masih menggunakan gerobak sebagai icon-nya.

Ribuan bisnis makanan yang bisa dijalankan dengan gerobak dan memberikan keuntungan jutaan rupiah, seperti:

  • siomay
  • bakso
  • ketoprak
  • gado-gado
  • pisang bakar
  • ayam bakar
  • dan masih banyak lagi.

Usaha ini memiliki prospek yang bagus, bahkan dalam kondisi kisis sekali pun.

Pertumbuhan Gross Domestic Produk sub-sektor usaha makanan berkisar 5% per tahun.

Pola makan masyarakat kota yang gemar makan di luar an jumlah penduduk Indonesia yang besar merupakan daya tarik yang mendorong pengusaha melakukan investasi atau divertifikasi bisnis ke bidang usaha makanan.

Keberhasilan usaha di bidang jasa makanan ini sangat ditentukan oleh beberapa faktor, akan tetapi faktor yang paling mendasar adalah tentang kualitas cita rasa (taste) yang sesuai dengan selera masyarakat, dan pemilihan lokasi yang tepat.

Banyak pengusaha yang sukses usaha makanan dengan gerobak yang bisa memiliki omset puluhan juta, dan merambah ke berbagai kota dengan menonjolkan cita rasanya.

Cita rasa yang enak dan tempat yang nyaman menjadi alasan utama pelanggan betah makan disana dan mau balik lagi.

Saat ini sudah banyak usaha makanan gerobak yang dikelola secara waralaba (franchise), yaitu pedagang menyetor sejumlah uang, kemudian pebisnis waralaba (Franchisor) akan memberikan paket usaha untuk pedagang, sehingga kita sebagai pedagang tidak perlu repot-repot meracik bumbu, membuat brand, atau melakukan hal-hal ribet lainnya.

Pedagang akan diberikan pendampingan oleh pemilik brand sampai pedagang bisa sukses berjualan

Strategi yang Perlu di Jalanan untuk SUKSES bisnis makanan Ala Gerobak

Seperti bisnis yang profesional, usaha makanan ala gerobak juga membutuhkan berbagai strategi usaha.

Strategi usaha yang perlu Anda perhatikan adalah sebagai berikut:

1. Lokasi Usaha

bisnis makanan tempat usaha ramai

Lokasi usaha merupakan faktor yang paling berpengaruh. 

Tempat dengan komunitas tertentu, seperti sekolah, perkantoran, kampus, dan perumahan merupakan lokasi yang bisa dijadikan pilihan tempat usaha.

Sebaiknya, lakukan servei terlebih dahulu, apakah sudah ada makanan sejenis yang dijajakan di tempat itu?

Jika sudah, pikirkan bisnis makanan apa yang bisa Anda jalanan di lokasi tersebut tanpa menjadi kompetitor bagi pedagang sudah ada.

Anda bisa memilih daftar bisnis makanan yang sudah kami pilihkan untuk Anda dibawah.

*

Perhatikan juga tentang keramaian tempat usaha Anda. Berapa banyak pelanggan yang datang setiap hari? Apakah tempat tersebut cocok untuk dijadikan lokasi usaha? apakah ada sarana listrik? apakah bisa didirikan tenda dan tempat parkir?

Gunakan pikiran kritis Anda untuk menganalisis keadaan, apakah lokasi tersebut layak menjadi tempat usaha Anda.

 *

Salah satu poin yang perlu Anda perhatikan dalam memilih lokasi adalah Petugas Tramtib, jangan sampai usaha Anda dikejar-kejar oleh petugas dan usaha yang anda jalankan menjadi hancur berantakan.

***

9 Poin yang perlu Anda analisa matang-matang dalam menentukan lokasi supaya bisnis makanan ala gerobak Anda semakin laris:

  1. Kepadatan Penduduk
    Kepadatan penduduk merupakan salah satu indikator yang bisa Anda perhatikan. Masyarakat yang berkumpul dalam jumlah banyak pasti akan memunculkan beragam kebutuhan, dan kebutuhan akan makanan menjadi salah satu kebutuhan pokok, dan ini bisa menjadi peluang Anda.
  2. Penghasilan
    Penghasilan masyarakat di lokasi bisnis Anda perlu Anda perhatikan. Perhatikan daya beli mereka. Jangan sampai Anda menempatkan lokasi bisnis anda di tempat yang daya belinya rendah, maka jualan Anda akan susah lakunya.
  3. Jumlah Usaha
    Bisnis makanan yang hendak Anda jalankan ibarat mengambil pelanggan pedagang lain.
    Maka dari itu, Anda harus memperhatikan apakah produk Anda bisa mengalihkan kebiasaan beli mereka? apakah banyak penjual yang memiliki customer loyal? semua pertanyaan itu bisa Anda cari sendiri jawabannya.
  4. Tempat
    Ada banyak opsi tempat jualan usaha makanan Anda. Anda bisa berjualan di pinggir jalan, depan Indomaret, alun-alun dan lain sebagainya
    Cari yang paling ramai dan yang paling potensial untuk Anda pilih.
  5. Jumlah Traffic (lalu-lalang)
    Berapa banyak lalu-lalang melewati tempat usaha Anda?
    Bisakah Anda memalingkan pandangan mereka ke lokasi usaha Anda? atau apakah customer hanya lewat begitu saja? 
    Pastikan gerobak Anda eye catching yang bisa menarik perhatian Anda, karena dengan gerobak Anda terlihat mencolok bisa mengundang ketertarikan customer untuk membeli.
  6. Pusat Keramaian
    Jika lokasi Anda terada di dekat Mall, di manakah tempat yang paling ramai?
    Ya, Anda bisa mengambil lokasi yang menjadi pusat keramaian di bagian masuk Mall atau keluar. Disitulah banyak pengunjung lewat.
  7. Akses Karyawan
    Karyawan kantor bisa jadi market utama Anda. Pastikan bisnis makanan Anda mudah dijangkau oleh karyawan utama.
  8. Zona
    Jika lokasi bisnis makanan Anda tidak berada pada zona shopping jangan dipaksakan, karena itu bisa membuat waktu Anda terbuang sia-sia.
  9. Kompetisi
    Perhatikan kompetisi di lokasi jualan Anda. Bisa jadi sudah banyak usaha sejenis di sekitar situ, sehingga pembeli sudah bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Anda bisa cari tempat lain, atau berinovasi pada produk Anda.
 

2. Perhatikan Rasa dan Cara Penyajian Bisnis Makanan Anda

Sebelum Anda menjual produk Anda, sebaiknya anda melakukan test dengan menguji rasa makanan yang Anda buat pada keluarga terdekat.

Mintalah pendapat, kritik, dan saran kepada mereka, baik secara rasa dan penampilannya.

Mintalah pendapat kepada mereka secara jujur, jangan meminta pujian dari mereka, karena dengan pendapat yang jujur dari mereka, Anda bisa memperbaiki produk Anda sehingga Anda bisa menghasilkan produk yang berkualitas.

*

Hal yang juga perlu diperhatikan adalah terkait bahan baku yang Anda gunakan.

Apakah bahan baku yang Anda gunakan masih segar?
Bagaimana cara penyimpanannya?
Dan bagaimana cara memasaknya? akan sangat berpengaruh kepada cita rasa masakan Anda.

Hadirkanlah produk Anda sesuai dengan Kultur dan Kebiasaan masyarakat disana, karena setiap daerah memiliki penilaian yang berbeda terhadap cita rasa makanan, apakah itu enak ataupun tidak.

3. Keunikan Produk

Produk sebaiknya memiliki sesuatu yang khas, baik dari segi ukuran produk, pelayanan nama makanan, penyajian, promosi, kostum, hingga tempat jualan anda.

4. Harga yang Sesuai

Tentukan market Anda dan tentukan harganya.

Anda harus menentukan market Anda, apakah menengah kebawah, atau menengah ke atas.

Kalau market Anda menengah ke atas, Anda WAJIB mencantumkan harga. Kalau market Anda menengah keatas, Anda TIDAK wajib mencantumkan harga, pastinya dibarengi dengan service dan produk yang bagus juga.

Beberapa waktu yang lalu sempat viral seorang netizen yang membuat video testimoni (negatif) tentang warung makan di Malioboro.

Dia merasa dijebak karena dia harus membayar dengan harga yang malah untuk makanan di pinggir jalan. 

Ternyata banyak netizen yang setuju dengan dia, akhirnya memberikan citra jelek pada lokasi itu.

*
Seperti itulah kalau salah menentukan target market, Anda bisa di cap negatif oleh banyak orang karena harga produk Anda tidak masuk Akal.

5. Promosi yang Menarik

Promosi yang paling murah dan powerfull adalah promosi dari “mulut ke mulut”

Hal ini bisa terjadi jika Anda bisa menghadirkan Produk yang WOW atau service yang Excellent yang bisa memberikan keunikan dan kepuasan kepada konsumen.

Anda bisa memanfaatkan brosur, spanduk atau selebaran yang bisa mengabarkan produk Anda.

Atau Anda juga bisa memanfaatkan media online seperti facebook, instagram, tiktok dan medianya lainnya dengan menghadirkan konten yang menarik bagi mereka.

Tak jarang produk yang WOW dan service yang excellent bisa membuat bisnis makanan Anda menjadi viral, otomatis bisnis Anda semakin laris.

6. Pembukuaan Keuangan Bisnis Anda

Dalam usaha makanan tradisional maupun usaha waralaba, pembukuan merupakan faktor terpenting yang turut mendukung kelangsungan usaha Anda. 

Tanpa pembukuan yang baik, Anda tidak tahu arus keuangan yang keluar maupun yang masuk.

Pembukuan dapat dilakukan dengan membuat neraca pengeluaran saldo dan keuntungan usaha.

Dari pembukuan yang baik juga diketahui kemajuan usaha yang Anda jalanan setiap harinya.

Selanjutnya, diketahui keuntungan setiap bulan dan setiap tahun, dan kapan usaha Anda mengalami break event poin (atau balik modal)

Berbagai Jenis Usaha Kuliner Ala Gerobak yang Bisa Men-Support Kesuksesan Anda

A. Bisnis Kebab

Makanan Timur Tengah yang digandrungi masyarakat Indonesia

bisnis makanan kebab

Siapa yang nggak kenal dengan kebab?

Makanan Khas Timur Tengah yang tersusun atas daging (sapi, ayam, maupun kambing) panggang berbumbu, irisan sayur segar, ditambah dengan mayones, saus tomat, dan saus sambal khusus yang digulung dalam lebaran kulit kebab (tortilla) yang lembut.

Kebab ternyata nggak cuma digemari orang Timur Tengah, orang Indonesia pun juga terpesona dengan aroma dan rasanya yang menggoda.

Oleh sebab itu, bermunculan aneka franchise yang menawarkan kemitraan untuk menjual Kebab sebagai Bisnis Makanan yang potensial untuk dijalankan.

Penyajian dan Pengemasan Kebab

Ada dua penyajian Kebab. Ada yang disajikan dalam sebuah piring, dan ada juga yang disajikan dalam bungkus khusus (kertas plastik) dengan brand usaha.

Para pengusaha franchise banyak menggunakan cara penyajian yang kedua karena lebih praktis dan bisa menjadi strategi marketing tersendiri.

Misalnya ketika konsumen membeli kebab kita dan mereka membawanya ke rumah, maka kebab tersebut akan menjadi bahan pembicaraan mereka, otomatis bisnis kita akan dikenal oleh satu keluarga.

B. Ayam Bakar

bisnis makanan ayam bakar

Bisnis Ayam Bakar – Makanan lezat penuh gizi yang sudah familiar dengan masyaarakat Indonesia.

Ayam merupakan makanan masyarakat Indonesia yang sarat akan gizi.

Masakan ayam bisa dikombinasikan dengan apa aja.

Akan tetapi, yang paling simpel adalah ayam bakar dengan bumbu yang khas, ditambah lalapan yang menggoda, ayam bakar membuat Anda tergoda untuk mencicipinya.

Ayam bakar merupakan jenis makanan yang praktis dan mudah dibawa.

Bagi ibu rumah tangga yang kurang waktu memasak ayam bakar bisa menjadi pilihan lauk keluarga.

Ayam bakar saat ini banyak dijajakan dengan menggunakan gerobak.

Gerobak berfungsi sebagai tempat mendisplay dan memotong-motong ayam, serta menyimpan bumbu yang sudah dibuat.

*

Dengan kebiasaan masyarakat Indonesia yang gemar mengkonsumsi Ayam, ini bisa menjadi peluang usaha untuk Anda.

Anda bisa menjual ayam bakar sesuai dengan selera masyarakat dan membuat inovasi rasa untuk menyasar segmen yang berbeda.

Misalnya masyarakat sekitar suka rasa yang original, maka Anda membuat rasa yang original. Kemudian untuk menyasar anak muda, Anda bisa membuat ayam bakar toping keju untuk menarik perhatikan mereka.

C. Fried Chicken - Bisnis Makanan Asal Paman Sam

Fried Chicken, ras kremes gurih berpadu nikmatnya ayam bikin suasana semakin rame 🙂

bisnis makanan fried chicken ayam goreng

Ayam merupakan makanan masyarakat Indonesia yang sarat akan gizi.

Masakan ayam bisa dikombinasikan dengan apa aja.

Akan tetapi, yang paling simpel adalah ayam bakar dengan bumbu yang khas, ditambah lalapan yang menggoda, ayam bakar membuat Anda tergoda untuk mencicipinya.

Ayam bakar merupakan jenis makanan yang praktis dan mudah dibawa.

Bagi ibu rumah tangga yang kurang waktu memasak ayam bakar bisa menjadi pilihan lauk keluarga.

Ayam bakar saat ini banyak dijajakan dengan menggunakan gerobak.

Gerobak berfungsi sebagai tempat mendisplay dan memotong-motong ayam, serta menyimpan bumbu yang sudah dibuat.

*

Dengan kebiasaan masyarakat Indonesia yang gemar mengkonsumsi Ayam, ini bisa menjadi peluang usaha untuk Anda.

Anda bisa menjual ayam bakar sesuai dengan selera masyarakat dan membuat inovasi rasa untuk menyasar segmen yang berbeda.

Misalnya masyarakat sekitar suka rasa yang original, maka Anda membuat rasa yang original. Kemudian untuk menyasar anak muda, Anda bisa membuat ayam bakar toping keju untuk menarik perhatikan mereka.

D. Bakso - Bisnis Makanan yang Nikmat disantap saat Hujan

Siapa yang tak kenal Bakso?

bisnis makanan bakso lezat murah

Makanan yang ada diseluruh pelosok Nusantara.
Bakso mirip seperti Siomay, awalnya diperkenalkan oleh bansa Cina sebagai makanan pengganjal perut kosong.

Bakso terdiri dari beberapa item seperti mi kuning, suun, atau bihun, dan item utama adalah bakso itu sendiri.
Bakso nikmat disajikan dalam kondisi hangat dalam mangkuk putih.

*
Bakso terkenal sebagai makanan rakyat dan makanan “reserve”.

Kalau orang tidak nafsu makan nasi, ketika dibelikan Bakso, maka dia akan kembali lagi nafsu makannya.

Bakso kental dengan gerobak dorongnya. Penjual bakso sekarang banyak yang manggkal di ruko atau rumah makan.

Meskipun sudah mangkal di suatu tempat, gerobak baksonya akan tetap ada sebagai ciri khas dari bakso itu sendiri.

*

Kepopuleran makanan bakso masih berada di urutan teratas di Indonesia. Sangking populernya, para pedagang banyak yang berinovasi melahirkan jenis bakso sendiri.

Ada Bakso Polisi, Bakso Mercon, Bakso Urat Sapi, dan bakso-bakso lainnya.

Padatnya persaingan akan bakso inilah yang membuat banyaknya inovasi, dan ini menjadi kabar baik untuk kita karena kita bisa merasakan kayanya cita rasa Bakso di Nusantara.

Usaha bakso ini meraik, selain mendapat keuntungan dari bisnis Bakso itu sendiri. Kita juga mendapatkan keuntungan dari beberapa item yang kita sebagai pendamping Bakso.

Contohnya seperti kerupuk, gorengan, es, air mineral, dan sebagainya.

Air Mineral merupakan contoh item yang paling menguntungkan daripada item yang lainnya, karena setelah makan bakso pelanggan pasti merasa ke-pedas-an, maka dari itu mereka mencari air mineral untuk meredakan.

Mungkin ada juga yang suka dengan Es Teh, tapi Es Teh punya kelemahan, yaitu sebagian orang mempercayai kalau Es Teh tidak baik kalau diminum beriringan dengan makan-makanan berat.

Ada juga yang percaya kalau makanan panas dengan dingin tidak bagus untuk kesehatan, maka dari itu, Air Mineral-lah yang paling cocok dan bisa masuk disemua kalangan.

Kami punya rekomendasi Air Mineral yang bagus untuk Anda, yaitu Air Mineral Dzakya.

Kenapa Air Mineral Dzakya? karena Dzakya merupakan air mineral sehat yang banyak dipakai Rumah Sakit di Kota Solo.

E. BEBEK BAKAR - BISNIS MAKANAN YANG DIANGGAP SPESIAL UNTUK MASYARAKAT

Bisnis Makanan yang menggiurkan dengan cita rasa yang khas di setiap daerah.

bisnis makanan bebek bakar

Daging bebek memang berbeda dengan daging ayam dari sisi rasa

Menurut banyak orang, daging bebek jauh lebih gurih daripada daging ayam.

Memang, daging bebek lebih alot.

Namun, jika tahu cara mengolahnya, daging bebek bisa lunak dan gurihnya akan selalu terasa di lidah.

Akhir-akhir ini, usaha rumah makan yang menjual daging bebek atau daging itik tambah menjamur di kota-kota besar, seperti yang terjadi di kota Jakarta.

Ada bebek kremes, bebek presto, bebek panggang, sup bebek, gulai bebek, dan banyak lagi menu bebek yang bisa dinikmati

Bisnis kuliner bebek ternyata cukup potensial di jajakan dengan menggunakan gerobak.

*
Menu daging bebek yang paling umum disajikan ke pelanggan adalah bebek panggang dan bebek goreng.

Supaya bisnis makanan Anda ingin lebih untung, Anda bisa menjalin kerjasama dengan pemasok daging bebek untuk mendapatkan harga terbaik.

Kerjasama dengan suppliner juga bisa Anda lakukan dengan Distributor Air Mineral seperti Dzakya, karena dengan membuat kemitraan jangka panjang, maka Anda juga bisa mendapatkan keuntungan berlipat.

F. Bubur Kacang Hijau dan Ketan Hitam

usaha makanan bubur kacang hijau dan ketan hitam

Makanan penuh Gizi yang dipercaya dapat mengembalikan kebugaran dengan cepat.

Bubur kacang hijau sudah lama dikenal sebagai makanan yang menyehatkan.

Makanan ini paling direkomendasikan para Dokter ketika kita selesai mendonorkan darah di Rumah Sakit atau PMI, karena makanan ini bisa cepat memulihkan tubuh.

Kacang hijau merupakan bahan pangan yang lengkap gizinya baik dari segi protein, lemak, karbohidrat, dan berbagai vitamin serta mineral.

Itulah sebabnya banyak orang menyukai bubur kacang hijau.

Tak jauh berbeda dengan kacang hijau, ketan hitam juga sudah lama dikenal orang sebagai bahan baku pembuat bubur.

Bubur kacang hijau dan ketan hitam biasanya dijual terpisah, atau dicampur menjadi satu.

Penyajian secara terpisah ada alasannya. Tak lain tak bukan adalah untuk menyesuaikan permintaan market.
Ada orang yang suka mengkonsumsi secara terpisah, ada juga yang sudah dicampur.

Beberapa kisah sukses pebisnis makanan bubur kacang hijau dan hitam yang paling populer di Jakarta seperti:
-“Bubur Kacang Ijo dan Ketan Item Kuning” dan
-“Bubur Kacang Ijo dan Ketan Item Madura”

Kalau bubur asal Kuning tidak menambahkan roti ke dalam bubur, tetapi potongan roti biasanya disiapkan di stoples, sedangkan bubur Madura biasanya langsung mencelupkan potongan roti dalam penyajiannya.

Dari dua cara penyajian tersebut pasti menghadirkan cita rasa yang berbeda, dan memiliki penggemarnya masing-masing.

G. Cakwe Medan

resep usaha kuliner cakwe medan

Cakwe – Kue gurih dengan saus asam-manis-pedas ini memiliki nilai sejarah bagi masyarakat Tiongkok.

Cakewe sebenarnya makanan asal Tiongkok.

Cara membuatnya, adonan roti kalau sudah melekat dibuat memanjang seperti tongkat dengan panjang kurang lebih15-20cm, kemudian disejajarkan menjadi satu.

Kalau di goreng panjangnya bisa menjadi 25cm-an dan berwarna coklat.

Penyebutan atau Istilah untuk kue ini berbeda-beda untuk setiap daerah, ada yang menyebutnya dengan “cakue”, “cahkwe”, atau “cakwee”.

Meskipun penyebutannya berbeda-beda, akan tetapi makanan yang dimaksud adalah sama.

Bentuk lain dari roti ini adalah odading (kue bantal yang mirip seperti cakwe tapi memiliki rasa yang berbeda). Kalau odading banyak dijual di daerah Jkt dan Jabar.

Bedanya, cakwe berasa gurih, sedangkan odading manis.

Kalau di Jawa Tengah, odading sama dengan kue bolang-baling. Orang bule biang, chinese doughtnut.

Di Cina, cakwe populer sebagai makanan untuk sarapan pagi bersama susu kedelai.

Sedangkan di Indonesia, masyarakat lebih suka mengkonsumsinya sebagai camilan dengan taburan saus pedas, asam, dan manis. Terkadang cakwe ini dimakan berbaregan dengan bubur ayam sebagai pelengkap.

KESIMPULAN

Semua usaha di bidang Makanan dan Minuman tidak akan pernah mati.

Kebutuhan akan konsumsi manusia tidak akan pernah berkurang, bahkan cenderung bertambah.

Bertambah dan berkurangnya pembeli kuliner tidak menandakan berkurangnya konsumsi mereka, akan tetapi pasar cuma berubah dari satu habit ke habit yang lain.

Pelaku kuliner harus terus berinovasi untuk mengambil segmen pasar lainnya.

Sama seperti Bisnis Makanan yang menggirukan, Bisnis Air Minuman Dalam Kemasan (AMDK) juga kian hari kian meningkat permintaannya, dan pasar middle Muslim semakin meningkat.

Kalau Anda ingin meraih keuntungan di bisnis air mineral, dengan menyasar segmen middle Muslim yang semakin meningkat.

Segera kontan nomor di bawah ini:

air mineral terbaik dzakya AMDK