Kamu ingin SUKSES jualan di Shopee?
Pastikan Kamu Baca Sampai Selesai Ya...
Biar Nggak GAGAL ^_^
Perilaku Konsumen atau bisa disebut sebagai Customer Journey merupakan sesuatu hal yang penting untuk kamu pahami.
Kalau kamu paham hal ini, kamu nggak bakalan bingung mau jualan apa, dan kamu ndak bingung gimana mengelola toko kamu.
Seperti kita tahu bersama, manusia dibentuk dari kegiatan yang berulang-ulang. Kebiasaan atau perilaku yang berulang ini pasti ada polanya, dengan mengetahui pola ini, kamu bisa menangkap momentum yang tepat supaya jualan kamu laris manis.
Begitu juga ketika mereka belanja di Shopee...
Contohnya ketika mereka akan membeli barang di Shopee, pasti mereka memiliki beberapa pertimbangan sampai mereka merasa benar-benar yakin untuk belinya.
Misalnya polanya pertimbangannya seperti ini:
Dari beberapa poin tersebut, kebanyakan customer sudah merasa yakin untuk membeli suatu produk.
Akan tetapi, poin yang paling dipertimbangkan oleh pembeli adalah tentang "jumlah produk yang terjual", dan "jumlah review".
Disinilah kamu harus memenuhi beberapa poin tersebut supaya produkmu menarik bagi mereka.
Wah... kalau begitu susah ya... buat pemain pemula ikut bersaing di marketplace?!
Nah... disini kamu bisa pelajari beberapa teknik mudah "meyakinkan" pembeli untuk penjual pemula yang akan kita kupas pada pembahasan selanjutnya.
Terus baca sampai selesai ya... supaya kamu cepat sukses .... ^_^
Jualan di Shopee sebagai dropshipper bisa dibilang jualan tanpa modal!
Kok bisa?!
Ya, kamu nggak perlu susah-susah bikin produk, nggak perlu punya gudang buat stok barang, nggak perlu packing produk, dan nggak perlu ribet mengirim barang.
Lalu gimana cara jadi dropshipper yang sukses?
Pertama, cari produk yang laris. Produk yang terbukti laris di pasaran menunjukkan kebutuhan pasar yang sangat besar akan produk tersebut.
Kamu tinggal temukan produk yang tepat, temukan pasarnya, dan menjualnya ke konsumen.
Kita ambil contoh produk air mineral, semua umat manusia pasti butuh minum, manusia tidak bisa hidup tanpa minum, dan sekarang pertumbuhan market middle-muslim semakin berkembang.
Kemudian Air Mineral Dzakya hadir untuk memenuhi market tersebut.
Kamu tahu, gimana respon pasar?!
Masya Allah penjualannya meledak dan terus bertumbuh.
Kamu bisa daftar sebagai Dropshipper Dzakya dan menjadi sukses karena bisnis air mineral adalah bisnis yang repeat ordernya tinggi.
Kedua, Pilih supplier yang siap men-support kebutuhan dropshipper. Menjadi dropshipper tidak selalu indah.
Adakalanya kamu akan dikomplain oleh pembeli karena produknya tidak sesuai, pengiriman lambat, atau pelayanannya kurang rambah.
Kamu nggak boleh Baperan!
Kamu harus tetap tenang!
Anggap saja mereka itu anak kecil yang lucu tapi rewel hehehe Benar kan?!
Kalau baby rewel, nggak mungkin kan kamu emosi, karena mereka belum mengerti hehehe
Memiliki supplier yang enak dan bisa diajak kerjasama merupakan poin yang sangat penting, karena untuk menghadapi customer yang rewel perlu profesionalitas.
Ketiga, resi otomatis. Memiliki supplier yang bisa resi otomtis itu sangat penting, kalau nggak, toko kamu nggak akan bisa berkembang!
Apa itu resi otomatis?!
Begini, resi otomatis itu resi yang otomatis keluar kalau kamu pakai fasilitas gratis ongkir yang disediakan oleh Shopee.
Jadi yang membayar biaya ongkir ekspedisi bukan kamu (sebagai penjual), tapi akan dibayar oleh Shopee.
Ibaratnya sama seperti nomor KTP. Nomor KTP itu memuat nama, lokasi, umur, dsb.
Nomor resi otomatis juga begitu, dari nomor tersebut sudah memuat informasi tentang produk, jenis barang, alamat pengirim, alamat tujual, dst.
Jadi kamu tinggal tunjukkan resi otomatis ke supplier, dan supplier akan memproses barangnya.
Sebelum beraksi, pastikan kamu sudah pilih kategori produk yang ingin kamu jual ya...
Kamu udah pilih kategori produk yang ingin kamu jual?
Kalau belum, segera pilih salah satu, karena ini merupakan langkah awal dalam kamu berjualan produk di marketplace.
Aku masih bingung pilih kategori yang bagus, sebaiknya pilih kategori yang seperti apa?
Saran dari kami, untuk penjual pemula sebaiknya pilih kategori yang sesuai dengan passion kamu, karena bagi penjual pemula, untuk bisa sampai dapet orderan pertama (pecah telor) dibutuhkan usaha yang memeras kesabaran.
Jangan sampai kamu baru dapet setengah jalan, eh... malah ndak dilanjutin, padahal tinggal selangkah lagi.
Pemilihan kategori juga akan memudahkan kamu melakukan cross selling.
Apa itu cross selling?
Gampangnya, cross selling itu menjual produk yang saling berhubungan untuk mendapatkan margin yang lebih tinggi.
Contohnya kalau pelanggan beli pisau dapur pasti kan nanggung ongkirnya kalau cuma beli satu.
Nah... ini kesempatan kamu untuk menambah keuntungan dengan menawarkan produk yang berhubungan. Misalnya seperti talenan, serbet, piring, dsb.
Disinilah pentingnya memilih kategori yang sesuai dengan passion kamu.
Kamu bisa menjalankan bisnismu dengan tanpa beban, dan kamu bisa enjoy karena kamu sudah menguasai produk yang kamu jual.
Kalau kamu udah tentukan produk apa yang ingin kamu jual, selanjutnya kamu tinggal cari Supplier Tangan Pertama yang amanah.
Langkah selanjutnya yaitu menemukan supplier Shopee tangan pertama.
Di sini kamu dituntut pinter memilih produk yang dijual oleh supplier tangan pertama.
Kamu bisa menggunakan filter ini untuk mendapatkan supplier yang tepat. Beberapa filter yang bisa kamu gunakan adalah sebagai berikut:
Apa itu resi otomatis?
Resi otomatis adalah serangkaian nomor (angka+huruf) yang dibuat secara otomatis oleh Shopee untuk mengenali barang yang dipesan oleh pembeli.
Resi otomatis memuat semua data terkait produk yang dipesan. Mulai dari jenis barang, harga, berat, ekspedisi yang dipilih, dan sebagainya.
Kamu sebagai penjual perlu menggunakan resi otomatis ini, karena kalau ada pesanan masuk di toko shopee kamu, kamu tinggal serahkan resi otomatis ini ke suppliermu, dan supplier akan memproses pesanan customer.
Jadi kamu nggak perlu repot-repot input nomor resi pesanan lagi. Gampang kan ^_^
Supaya kamu lebih yakin kalau supplier ini bener-bener ada, kamu bisa tanyakan lokasi gudang atau alamat kantor supplier, dengan begitu kamu tahu kalau supplier ini bukan dropshipper seperti kamu hehehe
Bisa ndak, mau jualan tapi nggak tahu detail produknya?
Bisa aja sih kalau sekedar tahu, tapi kamu akan merasa nyaman menjelaskan ke pelanggan kalau kamu udah merasakan sendiri gimana kualitas baha, jahitan, motif produk, dan sebagainya.
Misalnya ada komplain dari pelanggan setidaknya kamu udah buat disclaimer di awal kalu produk yang kamu jual kainnya "begini", jahitannya "begini", warnanya "begini", dan berbagai komplain yang dilontarkan oleh customer.
Komplain dari customer bisa kamu redakan dengan penjelasan yang sudah kamu terangkan di deskripsi.
Berapa lama supplier ini bergabung dengan Shopee patut jadi pertimbangan.
Pastinya kalau supplier sudah lama bergabung dengan Shopee, lebih berpengalaman menangani pahit manisnya jualan di Shopee
Kami menyarankan se-enggaknya sudah 2 tahun bergabung dengan Shopee, karena selama 2 tahun itu banyak sekali perubahan alogaritma Shopee, kalau supplier masih bisa bertahan, berarti dia mudah beradaptasi.
#3
Membuat toko di Shopee merupakan langkah awal kamu untuk meraih KESUKSESAN.
Dari toko Shopee ini kamu akan memulai bertransaksi puluhan ribu hingga ratusan juta rupiah.
Sudah banyak orang yang kaya mendadak dari jualan online di Shopee.
Untuk memulai membuat toko Shopee, kamu bisa tonton video berikut ini:
Cara membuat toko Shopee bisa kamu lakukan menggunakan HP atau Komputer.
Kalau menggunakan HP kamu bisa download aplikasi Shopee di Play Store.
Tapi bagi kamu yang suka menggunakan Laptop, kamu bisa kunjungi shopee.co.id (untuk membuat akun) dan seller.shopee.co.id (untuk membuat Toko Shopee kamu).
Di era kaya informasi seperti ini, otak manusia sudah overload informasi, maka kita harus pintar mengambil perhatian customer dengan sesuatu yang menarik.
Penting bagi kita membuat customer tetap melihat produk kita ketika mencari produk di Shopee, kalau tidak, maka produk kita akan tenggelam oleh produk-produk yang lain.
Cara terbaik menangkap perhatian customer adalah dengan Optimasi Judul Produk agar menarik, sesuai harapan customer, dan sesuai dengan kaidah SEO agar bisa muncul ketika mereka mencari produk di Shopee.
Setidaknya ada 5 Poin optimasi judul produk agar memenangkan hati konsumen:
1. Kata kunci produk = ini kata kunci utama yang menjelaskan objek yang sedang dicari oleh customer.
2. Kata kunci nilai tambah = memberikan nilai tambah akan membuat produk kamu terlihat WOW dibanding kompetitor.
3. Kata kunci Merek = merek menunjukkan produk kamu terlihat lebih terpercaya karena "terkesan" memiliki izin resmi. Kata kunci merek juga bisa menguntungkan kita dipencarian apabila produk kamu sudah bayak dikenal orang.
4. Kata kunci Jualan = menargetkan jualan ke pembeli yang sudah "kebelet" untuk beli akan lebih mudah, hal ini bisa kamu lakukan dengan memberikan kata kunci jualan, seperti: Jual, Harga, COD, Gratis Ongkir, Promo, dst.
5. Kata kunci benefit = menambahkan kata kunci benefit bisa membuat customer merasa ketemu dengan solusi atas masalah mereka, ini akan membuat customer bisa (klik) produk kita, baca deskripsi produk, tertarik, dan terjadi penjualan.
#CONTOH:
Daster Ibu Menyusui Kencana Ayu Bahan Rayon High Quality Cantik Di Rumah Gratis Ongkir COD
Buatlah desain banner toko shopee kamu yang memberikan kesan Premium ke toko kamu.
Gunakan foto profil yang bisa menjelaskan produk yang kamu jual dalam sekali pandangan.
Pastikan kamu memunculkan produk best seller pada bagian atas agar pembeli tahu produk unggulan yang kamu jual.
Gunakan fitur desain toko yang sudah disediakan oleh Shopee supaya lebih mudah.
Menjadi Star Seller atau Star+ memiliki bayang keuntungan.
- Kepercayaan toko meningkat
- Bisa ikut program promo Shopee
- Lebih direkomendasikan pada hasil pencarian
- Dan pastinya penghasilan semakin meningkat
Sedangkan cara menjadi Star Seller terbilang gapang-gapang susah. Semua aturannya sudah diterangkan di website Shopee, kamu tinggal mengikuti langkah-langkahnya.
Poinnya adalah bagaimana menjadi penjual yang Amanah di Shopee, maka kamu akan dengan mudah menjadi Star Seller.
Untuk mengakselerasi penjualanmu, kamu bisa menggunakan fitur Iklan Shopee yang disediakan untuk penjual.
Bagi penjual pemula, cara ini cukup ampuh meningkatkan penjualan, tapi ada beberapa syarat yang perlu kamu perhatikan.
Supaya pembeli TRUST untuk membeli, setidaknya produk sudah terjual belasan pcs, gambar meyakinkan, dan mendapat review positif dari pelanggan.
Dua jenis iklan yang kami rekomendasikan adalah Iklan Kata Kunci dan Produk Serupa.
Pelanggan bosan menunggu.
Pelanggan ingin segera mendapatkan kepastian.
Maka dari itu, respon chat yang cepat akan membuat pelanggan percaya dan membeli produk di toko kamu.
Respon yang cepat juga merupakan salah satu penilaian dari Shopee untuk bisa naik menjadi Star Seller. Penilaian akan bernilai tinggi ketika chat berakhir di kita.
Kamu bisa mengakhiri chat dengan ucapan terimakasih atau icon smile ke pelanggan agar pelanggan merasa nyaman.
Kamu juga bisa menggunakan fitur Jawab Otomatis kalau kamu sedang offline. Akan tetapi fitur chat ini tidak masuk penilaian untuk naik ke Star Seller.
Penjualan belum ada, review kosong, bagaimana customer bisa percaya untuk beli?
Nah.. dengan menggunakan video akan menambah kepercayaan pelanggan karena dengan video pelanggan akan berfikir kalau produknya bener-bener real.
Sebisa mungkin, video yang kamu buat memuat informasi produk yang dibutuhkan agar customer semakin yakin.
Orang selalu tertarik kalau mendengar kata "Diskon".
Meskipun cara ini terbilang cara lama, akan tetapi orang akan merasa "kehilangan" kalau tidak mengambil promo tersebut.
Pertama, Vocer yang kita gunakan untuk cross selling, yaitu menawarkan produk lainnya yang harganya lebih murah, sehingga membuat penjualan produk semakin bertambah.
Kedua, Voucher yang kita gunakan untuk follow up customer yang sudah memasukkan produk ke keranjang tapi belum bayar-bayar. Customer seperti ini sebenarnya sudah memiliki keinginan yang kuat untuk membeli produk kita. Kalau kita follow up degan Voucher khusus, pasti mereka akan langsung transfer.
Kamu udah tahu fitur nikkan produk belum?
Kalau belum, kamu wajib gunain fitur naikkan produk ini.
Fitur ini digunakan untuk menaikkan produk muncul di pencarian paling atas pencarian meskipun kamu baru penjal pemula.
Fitur ini bisa digunakan untuk 5 produk saja selama 4 jam sekali, jadi setiap 4 jam kamu harus setting lagi produk mana yang ingin kamu naikkan.
Tujuan utama dari Flash Sale adalah untuk meningkatkan Popularitas atau meningkatkan penjualan dari tokomu.
Otomatis kamu juga akan mendapatkan feedback dari pelanggan setelah membeli produk kamu.
Tapi perlu di ingat, Program Flash Sale tidak akan memberikan profit yang besar ke toko kamu karena harga harus ditekan serendah mungkin. Bahkan ada juga sampai jual rugi untuk meningkatkan penjualan toko.
Program Promo Shopee penting untuk kamu ikuti.
Daftarkan produk kamu untuk bisa masuk jadi nominasi Promo Shopee, karena program ini dibedakan berdasarkan kategori.
Setiap ada aturan tersendiri, pastikan kamu update dan nggak ketinggalan informasinya.
Fakta! Customer tidak setia dengan ekspedisi tertentu, menurut pelanggan Shopee semua ekspedisi sama saja pelayanannya, dan mereka akan mencari yang termurah.
Jadi mengaktifkan semua ekspedisi adalah hal yang wajib dilakukan bagi seorang seller, supaya pelanggan leluasa memilih ekspedisi yang kasih harga termurah.
Fitur COD juga boleh kamu aktifkan untuk menarik minat pembeli. Tapi program COD sangat menyita cashflow keuangan kamu, pastikan kamu memiliki budget yang besar supaya jualanmu terus bisa berputar.
Fitur Feed merupakan fitur baru dari Shopee untuk memposting konten tentang toko kamu supaya lebih dikenal pelanggan.
Kamu bisa gunakan buat posting promo, produk baru, kupon diskon. Memaksimalkan Feed Shopee bisa meningkatkan traffic ke toko kamu.
Shopee Live cara terbaik untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan.
Dengan melakukan Live Shopee pelanggan bisa melihat segala aktifitas toko kamu, hal ini bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan.
Kamu bisa tunjukkan jenis produk yang kamu miliki, stok di gudang, aktifitas team, dan segala hal yang menunjukkan bahwa toko kamu benar-benar ada.