Syarat Air Bersih yang Kebanyakan Orang Tidak Mempeduikannya

Syarat Air Bersih yang kita konsumsi harus  Anda perhatikan, karena kalau Anda mengabaikannya, bisa jadi Anda mengkonsumsi zat berbahaya yang terikut dalam air.

Begitu pentingnya air bersih bagi manusia, sehingga kita tidak boleh mengabaikannya.

Manusia menggunakan air bersih untuk keperluan sehari-hari, seperti untuk minum, mencuci pakaian, mandi, memasak, dan sebagainya.

Tapi coba perhatikan, apakah air bersih yang Anda pakai sudah memenuhi syarat?

Apakah air bersih Anda sudah terhindar dari zat-zat kimia?

Mari kita kenali apa saja syarat air bersih dengan mengikuti artikel berikut ini. (untuk info lebih jelas, pastikan Anda membaca sampai selesai)

Manusia dewasa membutuhkan 2-3 liter perhari untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Akan tetapi, yang jadi problem adalah ketersediaan air bersih yang sesuai syarat konsumsi semakin menipis, karena banyaknya pencemaran lingkungan akan zat-zat kimia, dan minimnya sanitasi.

Hal inilah yang membuat kita harus memperhatikan syarat-syarat air bersih yang kita konsumsi sehingga terhindar dari keracunan air mineral.

Apa Saja Syarat-Syarat Air Minum?

syarat air bersih kementrian kesehatan indnesia

Menurut Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Syarat Air Minum ada 5 poin, yaitu:

  • Tidak berasa
  • Tidak berbau
  • Tidak berwarna
  • Tidak mengandung mikroorganisme yang berbahaya
  • Tidak mengandung logam berat
Air minum adalah air yang melalui proses pengolahan ataupun tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum (Kepmenkes Nomor 907 Tahun 2002)

 

Menteri Kesehatan Republik Indonesia juga mengeluarkan peraturan tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Kerja Perkotaan dan Industri karena banyaknya masyarakat yang mengandalkan air yang berasal dari sumur, sungai, dan air hujan yang rawan tercemari oleh koli asal tinja.

Dimana pemerintah menetapkan syarat air bersih yaitu air yang bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan dapat dikonsumsi.

Terdapat tiga parameter yang harus diperhatikan, yaitu:

  • parameter fisik
  • parameter kimia
  • parameter mikrobiologi

Dari ketiga poin tersebut, parameter yang paling penting diperhatikan adalah parameter mikrobiologi.

Lalu, apa yang perlu diperhatikan dari parameter mikrobiologi?

Pengertian parameter mikrobiologis adalah air yang bersih dari campuran racun seperti bakteri pathogen (Escherichia Colli, Clostridium Perfringens dan salmonella.)

Kesimpulan

Bagaimana, sampai sini sudah lebih tahu kan tentang syarat-syarat air bersih.?

Kepedulian Anda tentang air bersih sangat penting untuk keselamatan keluarga Anda.

Untuk lebih aman, konsumsi air mineral Anda bisa menggunakan Air Mineral Dzakya, karena Dzakya banyak di pakai Rumah Sakit di Soloraya untuk kesembuhan pasien. (Dzakya.co.id )

Leave a Comment