KUPAS TUNTAS! Modal Usaha Minuman Kekinian & 10 Tips Persiapan Sebelum Buka Usha

Usaha Minuman Kekinian …

 

Hai kawan.. Apa kabar, sehat?

Alhamdulillah kalau kalian semua pada sehat,…

 

Assalamu’alaykum wr wb

Pada kesempatan kali ini, kita bakalan bahas request sahabat kita yang ingin mengetahui usaha minuman kekinian secara tuntas tentang usaha minuman kekinian dan persiapan-persiapan apa yang dibutuhkan.

Dan pada kesempatan kali ini, saya akan kupas semuanya, semoga ini bisa menjadi inspirasi bagi temen-temen pembaca yang ingin membuka usaha minuman kekinian, booba, chees, kopi dan lainnya…

 

Oke langsung saja, yang pertama:

1.  Kita Harus Tahu Siapa Target Market Kita

Bidikan pertama kita harus kita ketahui, karena target market itu 10x lebih penting dari teknik marketing yang akan kita lakukan.

Ada banyak jenis customer yang memiliki tingkah laku, minat, dan hobi yang berbeda beda, otomatis itu juga akan sangat berpengaruh dengan penjualan kita.

Yang saya lakukan adalah mencari target pasar yang sangat spesifik yaitu orang-orang yang suka singgah, dan membeli oleh-oleh.

Jadi dari sini kita bisa bisa tahu, mereka membeli minuman hanya satu gelas, atau banyak gelas untuk keluarga mereka, dan ini sangat mempengaruhi omset temen-temen.

 

2. Kita Harus Tahu Harga Menu Kita

Harga minuman kita harus kita ketahui, karena ini sangat berpengaruh pada harga jual kalian.

Contohnya : Apakah kalian mau menyasar segmen middle up dengan harga yang UP/ Tinggi, atau anda mau menyasar segmen LOW dengan menjual harga yang biasa saja.

Ada kalangan menengah ke atas, ada kalangan menengah ke bawah. Bisa kalian tentukan dari sekarang.

 

3. Setup Tempat Jualan

Setup apa bro?

Setup gerobak atau tempat jualan kita?!

Yup, setup tempat jualan kita sangat penting.

Itu semua bisa kalian setting sesuai dengan budget. Bisa setup dengan budget yang tinggi, atau budget yang rendah, tergantung sahabat sekalian.

Kalau kalian menggunakan container bekas yang di custom, Anda bisa menghabiskan budget 8 sampai 9 jutaan, dengan ukuran 2 meter kali 2,5 meter. Kemahalan nggak tu?!!

Nggak kemahalan! Karen itu tergantung kalian, mau desain yang biasa saja, atau mau desain yang keren.

Jadi, keuntungan kita setup yang Wow.. itu bisa menambah kepercayaan pelanggan, karena mereka melihat gerobak kita keren.

Pelanggan juga akan terkesan kalau produk kita juga berkualias, ketimbang kita membuka minuman dengan setup gerobak yang (maaf) ukurannya 1×1. Seakan-akan menurut kami terkesan jualan minuman rasa yang asal-asalan.

 

4. Kamu Harus Menentukan GOAL Keuntungan yang Akan Kamu Dapat

Menjual minuman ini katanya gampang, jual air aja…

“Katanya” pengusaha minuman kekinian katanya dapet untung banyak?! – 50%-60% bahkan 70%.

Banyak orang beranggapan seperti itu, akan tetapi, ada juga pedagang yang hanya mengambil keuntungan 30% aja atau bahkan dibawahnya.

Mungkin pedagang ini mengutamakan kualitas produknya, jadi dia tidak hanya menjual air saja, tetapi dia juga mempertahankan kualitas supaya rasa minumannya nancep di lidah customer.

Meskipun, cukup susah untuk mencari kesukaan konsumen, karena setiap lidah customer beda-beda citarasanya.

Anda mau membuka minuman seperti apa? Marginnya seberapa? Kualitasnya mau seperti apa?

Kembali lagi ke diri kita masing-masing…

 

5. Harus Pintar Memilih Bahan Produksi

Oke, kita ambil contohnya seperti Susu bubuk, powder, topping boobanya,,gelas takarannya, dan lain-lainnya, pokoknya banyak yang harus dipersiapkan.

Jadi kita harus pintar memilih-milih bahan pokok yang ingin kita beli, jangan sampai harga bahan pokok kita tinggi, tapi harga jual kita rendah, kalian bisa bangkrut.

Kalau saran dari kami, mending kita beli bahan produksi yang standar aja, tapi kualitasnya “agak” naik sedikit.

Sehingga ketika kita jual dengan harga 10 ribu, customer merasa .. “emm… kok enak rasa nya !!

Orang pasti bertanya-tanya seperti itu, dicobloslah minuman kita, dan mereka merasakan pengalaman minuman kekinian yang luar biasa, hanya dengan 10 ribu mereka merasakan minuman yang nikmat.

Kita dapat nilai plusnya…

Buatlah customer penasaran dengan minuman harga 10 ribu,  tapi kualitasnya bukan yang murahan.

Ketimbang Anda mencari bahan dengan kualitas yang mahal, harga jual rendah?!

Kalau bahan baku Anda mahal,  Anda harus menaikkan harga Anda sesuai dengan SOP usaha Anda.

Maka dari itu, wajib bagi Anda memiliki SOP penjualan supaya bisa untung.

Kembali lagi ke topik pembahasan, menurut saya, kamu perlu memilih bahan yang berkualitas dengan harga yang murah, supaya kamu bisa untung setidaknya bisa untung 35% supaya kamu tidak merugi.

 

6. Bandingkan Harga HPP

Pada pembahasan ini, Anda bisa membandingkan bahan baku yang kamu gunakan supaya mendapat HPP yang menarik.

Contohnya kamu bisa membandingkan salah satu bahan yaitu powder. Antar powder harga 50 ribu dengan harga powder 75 ribu itu bagaimana rasa yang dihasilkan?!.

Kemudian kalau kita mau pakai Sirup, kamu juga harus membandingkan sirupnya.

Kamu cari cita rasa yang pas, dimana powdernya bisa murah, tapi kualitasnya nggak murahan. Mendekati level-level premium lah… sehingga kita tidak rugi dari bahannya.

Kita juga bisa bandingkan produk kita dengan minuman diluar sana yang  rata-rata harganya 18 ribu… ya nggak masalah sih, kualitas mereka juga bagus.

Ets..tunggu dulu, bukan berarti kualitas minuman kita dengan harga 10rb nggak bagus?!

Itulah gunanya  kita perlu riset… sudah kami sampaikan, kamu harus membandingkan bahan baku seperti powder, sirup yang harganya ekonomis tapi bisa menghasilkan citarasa yang “ngangenin”.

 

7. Maksimalkan Sosial Media untuk MELEDAKKAN Jualan Kamu

Jaman sekarang sosial media bisa jadi senjata utama buat jualan usaha kita.

Jadi alangkah baiknya, kita wajib memiliki sosial media,  baik itu Instagram, Tiktok, FB dan sebagainya, sehingga customer bisa menemukan produk kita.

Ketika kamu mengambil gambar dengan Instagram,  kemudian mengupload ke Story, kita bisa merasa bangga produk kita dikenal orang, otomatis Brand produk kita juga akan semakin dikenal.

Bayangkan ketika customer mengambil gambar produk kita, kemudian mereka share ke sosial media yang mereka miliki (Story IG, WA, FB, dst) kemudian IG kita di tag oleh mereka. Betapa senang dan bangganya kita, itu menandakan customer senang dengan produk kita dan membagikannya ke sosial media.

Hal ini sangat menarik, dan pengaruhnya sangat besar sekali untuk Brand kita.

Itu merupakan marketing gratis untuk kita.

Dalam marketing di sosial media, gambar yang bagus sangat penting, terutama pada Instagram.

Gambar yang bagus akan sangat mudah menarik perhatian customer,  terutama ketika ada produk baru… sehingga customer menganggap ..”wah bagus nih produnya”, “ada produk baru”, dan sebagainya.

Kita harus pandai-pandai mengambil gambar, ambil foto produk kita dari beberapa angel Foto.

8. Interaksi dengan Customer

Pada poin ke delapan ini akan membahas tentang pentingnya interaksi antara penjual dengan pembeli.

Hubungan antara penjual dengan pembeli harus ada interaksi, buat customer nyaman dengan service kita, nyaman dengan tempat kita, nyaman dengan produk kita.

Jadi kita nggak hanya sekedar berjualan saja, cari untung aja. Disini kita mencari kemistri, edukasi, sosiali dengan customer.

Ini penting sekali bagi penjual, karena dengan feedback dari pembeli, kita bisa memahami apa yang tidak kita ketahui, guna melakukan perbaikan.

Begitu juga sebaliknya, dari penjual ke pembeli.

==

Satu lagi yang penting kamu ketahui, hal ini juga yang dilakukan oleh pemilik minuman kekinian HAUS kenapa dia bisa sukses!.

Alangkah baiknya, kita sebagai pemilik usaha/owner kalau bisa 3 bulan pertama kita terjun langsung untuk mengetahui kondisi di lapangan usaha kita.

Kita baca suasannya, kita baca marketnya, kita baca semuanya hal untuk evaluasi dan menciptakan produk dan layanan yang lebih bagus.

Setelah berjualan selama 3 bulan, bolehlah kita rekrut karyawan setelah cashflow usaha kita bagus.

9. Kuasai Menu

Sebelum kita launching produk kita, alangkah baiknya kita sudah menguasai menu jualan kita. Jangan sampai Anda bingung sendiri dan terlihat linglung.

Saran untuk kamu, sebelum kita launching produk, kita wajib merasakan experience produk kita. Rasa nya, layanannya, tempatnya, variasi produk, dan lainnya. Kita wajib mengetahui itu…

Misalnya ketika customer tanya menu, kamu harus sigap menjawab dan mengedukasinya,  jangan sampai kamu malah balik bertanya ke customer tentang produk kita, kan  LUCU jadinya …. Hehehe

10. Persiapkan 9 Poin Sebelumnya dengan Matang-Matang

Persiapan yang matang akan membuat usaha yang kamu jalankan berjalan lancar. Paling tidak bisa meminimalisir kegagalan atau benturan saat kita berjualan.

Jangan sampai pelanggan kecewa dengan kita karena service kita tidak memuaskan.

Misalnya ketika customer pesan menu tertentu, Anda malah bingung sendiri, dan customer merasa tidak terbantu dengan pelayanan Anda.

 

Terinspirasi untuk usaha minuman kekinian? Segera action, karena usah ini sangat menggiurkan!!

Satu Lagi Nih!!!

Kalian pada tahu nggak? Usaha Minuman yang Abadi sampai hari Kiamat?

Yup..Usaha Air Mineral Dalam Kemasan (AMDK) !!!

Air Mineral akan selalu di butuhkan oleh manusia selama mereka Hidup, Bahkan dimasa pandemi seperti ini, usaha ini malah Meroket Tajam.

Pengen tahu Gimana Dapet Untung Jutaan Rupiah Dari Bisnis Air Mineral!?

Langsung Aja chek ke TKP!!!

Leave a Comment